Prinsip-Prinsip Dasar Metode Memasak di Indonesia


            Memasak bukan merupakan hal yang sepele, terkadang susah-susah gampang, sudah pasti memasak itu memerlukan ilmu khusus. Hal ini sangat penting dipahami bagi yang ingin belajar memasak atau yang ingin menjadi chef profesional.
           Memasak adalah sebuah proses pemanfaatan energi panas untuk memproses suatu makanan mulai dari yang berbahan dasar sampai menjadi hidangan yang siap saji. Ada beberapa prinsip dasar pengolahan makanan Nusantara yang diperlukan oleh seorang koki :
      

* Goreng; memasak makanan dengan minyak panas dan banyak yang betujuan untuk mendapatkan hasil gorengan dengan warna kecoklatan secara merata dan bertekstur renyah dan garing.
      
* Tumis; memasak makanan dengan sedikit minyak atau mentega di atas api besar dan makana yang ditumis selalu diaduk atau wajannya selalu digoyang-goyang untuk mendapatkan hasil tumisan yang merata, terkadang ada penambahan sedikit air atau kaldu.
      
* Rebus; memasak makanan dengan air yang banyak atau kaldu. merebus makanan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu makanan dimasak mulai dari air dingin kemudian dipanaskan hingga mendidih atau makanan dimasak dimulai dari air yang telah benar-benar panas.
     
* Kukus; memasak makanan dengan menggunakan uap air panas. Banyak menfaat serta keuntungan yang diperoleh dari hasil makanan yang dikukus disamping alasan kesehatan juga bentuk dan nutrisi makanan tersebut tetap terjaga.
     
* Sangrai; memasak makanan di atas plat besi atau tembikar yang dipanaskan tanpa menggunakan cairan berupa minyak atau air.
     
* Panggang; memasak makanan di atas panas bara api langsung dengan alat pemanggangan sambil ditambahkan atau dioleskan minyak atau bumbu untuk memperkaya rasa.
    
 * Asap; memasak bahan makanan dengan menempatkan makanan di dalam ruangan berasap sebelumnya telah diberi garam direndam dalam larutan pemberi rasa atau telah dipanggang atau dikukus.
     
* Panggang dalam oven; memasak makanan dalam alat yang dinamakan oven. Panas yang dihasilkan menyebar ke seluruh ruangan oven sehingga hasil masakan dalam oven akan merata. Dalam prinsip dasar masakan barat, memasak dalam oven dapat diklasifikasikan dalam dua prinsip yakni bake dan roast.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Dita Bloger. Powered by Blogger.

Translate